Jajan-Jajan Lucu di Pasar Kangen Jogja 2017

Holaa saya kembali lagi hihihihi *ketawa ala kuntilanak* review kali ini sebenernya cuma mau ngerekap aja hasil perburuan saya di Festival Pasar Kangen Jogja yang sempet diadain di Taman Budaya. Yang menarik dari festival ini sih soalnya banyak banget jajanan tradisional tempo doeloe, bagus juga sih sekalian memperkenalkan kuliner tradisional Jogja tanpa ribet kesana kesini. Pokoknya jajanan dari semua kabupaten yang ada di Jogja tumplek blek dimari. Apa ajakaahh yang saya cobain, nih cuss disimak. 


# Kopi Jo


Kopi Jo ini salahsatu stand yang paling rame di festival ini, sempet ngobrol-ngobrol sama ownernya, sejauh ini sih mereka belum punya cafe tetap jadi munculnya ya pas festival-festival aja. Yang dijual di stand ini gak banyak sih seinget saya cuma teh tarik, kopi susu dan kopi Jo. Apakah kopi Jo itu? Jadi ini signaturenya mereka sih, kopi robusta dicampur dark chocolate dan gula aren. Rasanya sih legit-legit ena. Saya sih suka banget. 2 kali kesini 2 kali juga saya selalu mampir. Tapi ati2 buat yg punya asam lambung atau at least makan dulu sebelum minum kopi ini. Kalau mau tau lebih lanjut intip aja IG mereka @kopijo_ *bukanendorse* 

# Jadah & Tempe Bacem Kaliurang 


Saya gak yakin sih apakah stand ini punya Mbah Carik atau beda soalnya ga ada tulisannya. Kalau ngomongin jadah tempe Kaliurang soalnya top heitsnya ya si Mbah Carik itu. Saya gak beli jadahnya cuma beli tempe bacemnya aja (1k/biji). Tempe bacemnya sih ya manis tapi kurang legit seperti punya mbah Carik. 

# Jajan Pasar


Jajan pasar di sini bener-bener cemilan kampung macam grontol, growot, cenil, gatot, tiwul dll. Saya cobain 3 macem gatot, tiwul dan jenang jagung. Gatotnya enak terbuat dari singkong dan legit, kalau tiwulnya agak hambar gak tau apa rasanya begitu apa nggak (belum pernah makan tiwul) dan jenang jagungnya kurang lembut dan legit, rasa jagungnya juga kurang terasa. Soalnya pernah makan jenang jagung di kampung eyang saya di Blitar, jenangnya enak banget. 

# Iwak Peyek Sego Jagung 


Pernah denger lagu dangdut itu kan? Iya ternyata itu adalah nama makanan. Jadi sego (nasi) jagung yang dikasih topping urap, sayur tempe pedes, dan iwak peyek. Iwaknya kayak sejenis wader tapi asin gitu. Rasanya ya cukup unik, karena baru kali itu saya makan nasi jagung. Buat beginner kayak saya sih rada aneh ya rasanya karena teksturnya kasar gitu. Tapi kalau dimakan sama sayurnya enak kok 👌🏽

# Sate Kere


Sebenernya ini variannya banyak ada jeroan, lemak, kikil dll. Tapi karena saya gak doyan yang begituan jadi saya cobain yang versi vegetariannya, pakai tempe gembus. Saus kacangnya sama kok kayak sate biasa cuma beda bahannya aja.

# Es Gosrok


Ini sebenernya es tape singkong yang dihalusin terus dicampur es serut dan susu. Rasanya lumayan nyegerin. 

# Es Gandoel


Kalau yang ini basically sama kayak es serut, bedanya esnya dibikin bulet dan ditaliin terus disiram sirup warna-warni. Katanya Ibu saya sih ini jajanan tempoe doeloe banget. Maklum saya tinggal di Zimbabwe jadi gak ngerti 😝

# Mie Lethek


Mie lethek ini jajanan khas Bantul, terbuat dari tepung singkong/gaplek. Sekilas mirip bihun, cuma beda di tekstur yang rada kenyel-kenyel. Biasanya dimasaknya dibikin bihun goreng biasa kayak gini. Enak juga 😋

# Jenang Gempol


Stand jenang gempol termasuk yang antriannya panjang banget nih. Soalnya penyajiannya lumayan unik ya, di piring kaleng terus dilapisin daun pisang. Jenang gempol sendiri berupa gempol (bola-bola yang terbuat dari tepung beras, teksturnya kenyel dan rasanya plain) terus dikasih semacam bubur sumsum berwarna coklat (yang rasanya legit manis) dan santan. Kalau suka sih bisa ditambah mutiara juga tapi saya gak suka. Ini enak 👌🏽 sayang porsinya dikit. 

# Kipo


Last but not least adalah kipo. Kipo ini jajanan khas Kotagede. Sekilas mirip klepon tapi beda, kalau klepon kan isinya gula merah aja, kalau kipo isinya gula merah yang dicampur kelapa, terus biasanya dipanggang sebentar. Ini juga enak apalagi buat temen minum kopi.

Sekian review kita kali ini dari Pasar Kangen Jogja 2017. By the way seneng banget sih di Jogja lagi banyak festival. Okee deh kakak, see yaa! 

Leave a Reply

