Museum Fujiko F Fujio

“aku ingin begini aku ingin begitu…aku ingin ini itu banyak sekaliii…” hayo anak kelahiran 80an yang gede di taun 90an mana yang gak hapal sama lagu itu. Yep! Thats right…Doraemon is a part of our childhood memories banget ya kan. Plus saya sendiri penggemar berat Doraemon dan termasuk kolektor segala macam yg berbau Doraemon, makanya salahsatu alasan kenapa saya ingin ke Jepang ya karena pengen ke museum ini.

doraemon 2

Museum Doraemon atau disana lebih dikenal sebagai Museum Fujiko F Fujio didirikan di prefektur Kawasaki-shi, karena disanalah si pencipta Doraemon, Profesor Fujiko lahir dan banyak menghabiskan sisa hidupnya. Anyway, untuk mencapai kesini bisa menggunakan JR line untuk menuju stasiun Noborito. Dan dari stasiun tsb nanti disediakan shuttle bus menuju kesini dengan hanya membayar tiket 210 yen (one-way).

doraemon 12.jpg

Anyway juga untuk bisa berkunjung ke Museum ini kamu harus membeli tiketnya dulu min. 2 hari sebelum kunjungan di Lawson terdekat, Lawson di Jepang yee bukan Lawson di Melawai kaga adiinn boo..Sebenernya gak semua Lawson di Jepang juga punya mesin tiket museum ini, tipsnya carilah Lawson yg terletak di stasiun atau yang agak gedean dikit. Karena pengalaman nyari di Lawson deket apartemen saya di Osaka gak nemu, eh malah ketemunya di Lawson di stasiun Nara. Kamu bisa minta tolong penjaga kasirnya untuk nolongin mesenin tiket ini karena mesinnya berbahasa Jepang, abis itu tinggal bayar 1,000 Yen dan kamu akan dikasih sejenis kwitansi yang bisa ditukarkan nanti di museum ini. Tips lainnya adalah pilih jam sesuai kemampuan, misalnya kamu gak bisa bangun pagi ya jangan pilih yang jam 9 pagi dong apalagi kalau posisi kamu tinggal agak jauh dari Kawasaki. Karena orang Jepang itu sangat terkenal dengan kedisiplinannya termasuk ketika pergi ke Museum ini, jadi kalau di tiket kamu tertera jam 9 pagi ya jam 9, telat sedikit kamu sudah tidak boleh masuk dan harus membeli tiket baru di hari lainnya (gak bisa di hari yg sama karena peminatnya cukup banyak dan mereka menerapkan sistem kuota biar gak terlalu crowded di dalem).

doraemon 1doraemon 3

Saya pikir Museum ini kecil dan tradisional banget gitu, gak taunya gedaaa! Jadi nanti di dalem kita akan dikasih semacam alat yang bisa kita bawa yang akan menjelaskan satu persatu koleksi museum tersebut dengan banyak pilihan bahasa. Oya di dalem ruang pamer gak boleh foto-foto ya. Satu yang ngebuat amazed sekali dengan museum ini, jadi ada satu ruang yg memamerkan sketsa komik Doraemon di atas kertas betulan yang dikotakin pake kaca, nah kalau kita berdiri di depan kotak kaca itu nanti akan ada semacam hologram yang timbul biasanya berbentuk Doraemon dan pena dan seolah-olah si Doraemon lagi ngegambar di atas kertas itu. Kurang lebih kayak lagi nonton Iron Man pas waktu Tony Stark lagi asik dengan hologramnya, ya gitu deh. Canggih banget! Keliatan museum ini dibangun sangat terkonsep, gak asal-asalan. Jadi gak rugi buang duit 1,000 Yen.

doraemon 11doraemon 10doraemon 4doraemon 5

Selain ruang pamer aneka sketsa komiknya Pak Fujiko dan juga segala macam barang kenangan punyanya bapake, di sini juga ada ruang baca komik, ruang bermain, bioskop yang khusus muterin film-film Doraemon yang tidak beredar di pasaran, restoran, toko souvernir dan taman.

doraemon 6

Saya juga sempat mencicipi makanan di restorannya, cute banget kaann…ini nasi kaserol seharga 1,230 Yen atau sekitar 150an ribu per-porsi, mahal memang tapi mengingat belum tentu juga saya balik lagi yaudin cobain dah. Surprisingly nasi kaserolnya lumayan enak kok, cheesy banget dan porsinya juga besar bisa buat berdua.

doraemon 7doraemon 8

Nah ini taman yang terletak di belakang, bisa pepotoan sepuasnya. Plus juga gak tau apa karena saya datang di hari Rabu jadinya gak terlalu rame, taman ini enak banget buat duduk sendiri sambil bengong-bengong bego karena sejuk banget. Malah kalo boleh bawa tenda saya pengen camping di sini #dankemudiandiusir

doraemon 9.jpg

Pokoknya kalau kalian suka Doraemon cuss wajib hukumnya naik haji kesini. Ciao!

Advertisements

3 thoughts on “Museum Fujiko F Fujio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s