(Main ke Pasar) – Pasar Kanoman

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Blusukan di pasar buat nyari makanan lokal udah jadi keasikan tersendiri buat gadisrakus. Masih dalam #PesonaCirebon akhirnya saya menemukan makanan-makanan ini yang katanya sih udah hampir punah. Gimana gak punah, kalau di resto-resto besar makanan sederhana ini gak pernah diangkat, plus nyarinya harus blusukan ke pasar. Apa aja sih? Ini diaa..

Doclang

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Dapet rekomendasi dari temen-temen blogger lokal katanya ini khas Cirebon banget. Doclang basically hampir mirip dengan lontong sayur. Tapi beda. Bedanya isiannya terdiri dari lontong, toge dan taburan kelapa parut. Lalu beda yang kedua adalah kuahnya, karena kuahnya tidak menggunakan santan dengan sedikit campuran daun singkong, plus campuran dage (oncom). Biar lebih sip dimakan pakai kerupuk kanji.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Buat saya sekilas makanan ini kayak buntil dikuahin dan dilontongin. Tapi rasanya cukup ringan dan segar. Biasanya doclang ini dikonsumsi di pagi hari, padahal mah kalo saya siang-malem juga oke aja. Seporsi hanya 10ribu saja.

Pepes Kerak Tahu

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Pas denger ini kirain saya salah denger tapi nggak. Pepes ini sama aja sih kayak pepes tahu bedanya yang ini pakai keraknya tahu. Itu loh kalau bikin tahu kan dipress sampai gak ada airnya, terus abis itu dikukus, nah yang lengket-lengket di pancinya nanti itu yang dikerok dan dijadikan pepes. Untuk makanan pasar botok ini endol surendol, dijadiin lauk oke dicemil juga oke. Harga 1ribu perbuah.

Rujak Kanistren

Hah? Apa pulak ini? Tertarik beli karena penataanny yang unik. Kalau biasanya kan rujak buahnya ditata dan baru dibikin kalau ada yang beli, yang ini beda karena rujaknya udah diserut dan ditata menggunung di baskom.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Setelah pesan dan cicipin, hmm..harum dan berbeda banget rasanya gak kayak rujak bebeg/serut yang biasa saya makan. Wah ternyata kuncinya ada di pemilihan mangga. Kata yang jual rujak kanistren itu mangganya harus mangga kweni, walau lagi gak musim sekalipun tetep dibela-belain walau harga jualnya jadi lebih mahal. Ketika diseruput kuahnya kental, manis dan pedas dan ada hint rasa kweninya.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Rujak Kanistren sendiri adalah rujak yang biasanya disediakan di acara 7 bulanan. Harganya dibandrol 5ribu per-cup. Hmm..gak usah nunggu hamil 7 bulan dulu buat nyicipin rujak enak ini, yuk ke Pasar Kanoman!

Kalau kamu apa jajajan pasar favoritmu?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s