Kerajinan Cirebon yang Mendunia

Cirebon tidak bisa dipisahkan dengan kata “batik” seperti hal-nya Jogja. Itu dikarenakan kota penghasil batik ini tidak hanya memproduksi tapi juga mencipatakan motif khas batik pesisir sendiri, yang terkenal dengan nama mega mendung. Tapi ternyata nggak hanya batik lho yang mendunia dari kota ini. Apa aja sih? Yuk intip..

Batik Trusmi

Trusmi sendiri sebenarnya adalah nama desa di daerah Plered, Cirebon sekitar 4 km dari kota Cirebon, lalu kemudian dikenal menjadi pusat kerajinan batik. Saya dan tim blogger berkesempatan mengunjungi salahsatu pengrajin batik di sana, yaitu Ninik Ihsan. Ibu Ninik sendiri adalah generasi kelima dari toko batik yang juga merangkap workshop. Walaupun letaknya agak kedalam dan harganya cukup mahal tapi Batik Ninik Ihsan mendapat tempat tersendiri di hati pelanggannya. Bahkan ada koleksi batik pertama beliau yang dibandrol dengan harga 65juta!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Saya juga sempat mengintip workshopnya yang terletak di belakang rumah utama. Melihat para pengrajin lagi mbatik. Sungguh #PesonaCirebon yang gak ada duanya.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kerajinan Kerang Multi Dimensi

Tempat berikutnya adalah kerajinan kerang, siapa sangka barang yang selama ini cuma jadi limbah bisa dibentuk dan dibuat mahakarya ditangan orang yang tepat. Bahkan kualitasnya sudah ekspor.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Memasuki outletnya yang terletak di Astapada, Cirebon seperti masuk ke rumah Raja yang serba lux dan mewah berkilau-kilau. Siapa sangka ini semua cuma terbuat dari kerang! Luar biasa *standing applause*

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Sayang saat itu kami tidak bisa melihat langsung proses pengerjaannya. But who cares kalau lihat barang-barang cantiknya ini aja udah bikin nganga terpesona.

Kerajinan Rotan Tegalwangi

Yang terakhir kami mengintip sentra kerajinan rotan di Tegalwangi, Cirebon. Jadi bisnis ini terdiri dari dua kelompok yaitu sub dan home industry. Dengan tagline “rattan for life” diharapkan dengan adanya industri ini maka masyarakat di Tegalwangi bisa mendapatkan kehidupan yang layak.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Di Tegalwangi ini kami mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke rumah-rumah para pengrajin, melihat prosesnya bagaimana menyerut rotan agar halus, membentuk sampai menganyam.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Bahkan salahsatu pengusaha di sini bilang beberapa tahun yang lalu beliau sempat mengekspor kerajinan rotannya untuk IKEA. Keren gak tuh!

Makanya cintailah produk dalam negeri, karena gak semuanya buatan dalam negeri itu buruk. Justru bersaing di kancah internasional.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s