Jajan-Jajan Lucu di Cirebon

Jalan-jalan tanpa wisata kuliner tentu aja gak lengkap dong buat gadisrakus, masih dalam rangkaian agenda #PesonaCirebon nih gadisrakus kasih contekan kuliner apa aja yang wajib dicobain kalau kesini…tangkeeeeepp!

Empal Gentong

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Dari beberapa hari di Cirebon dan mencicipi beberapa tempat, so far gadisrakus paling sreg dengan Empal Gentong Krucuk yang berlokasi di Jl. Slamet Riyadi No. 5, Cirebon. Di sini empal gentongnya lebih berani bumbu jadi nggak terlalu bland, plus pilihan isiannya juga lengkap, bisa daging aja atau campur jeroan (usus, babat, iso, paru). Uniknya kalau mau pedas tidak tersedia sambal cabe tapi bubuk cabe. Sebenarnya ada variasi lain dari empal gentong ini, namanya empal asam hanya saja kuahnya bening dan biasanya dikasih potongan belimbing wuluh. Siapin aja uang antara 15-20ribu untuk menikmati semangkok empal gentong nikmat ini.

Nasi Lengko

nasi lengko

Ini pertama kalinya saya makan nasi lengko, ternyata nasi lengko itu isiannya sederhana banget cuma nasi dengan topping potongan tahu dan tempe goreng, kecambah, timun lalu diguyur saus kacang yang rasanya manis terus ditaburin daun kucai dan bawang goreng. Sebagai pelengkap nasi lengko biasanya dihidangkan dengan sate kambing muda, karena saya gak makan kambing jadi diganti telur asin ajah. Karena termasuk comfort food, makanan ini mudah ditemukan di mana saja. Siapin aja uang `15-20 ribu untuk mencicipi makanan ini.

Tahu Gejrot

tahu gejrot

Mencicipi tahu gejrot di kota asalnya emang mengasyikan, dan juga nambah pengetahuan. Soalnya saya baru tau kalau tahu gejrot yang asli Cirebon itu gak pakai bawang putih, jadi bawang merah, cabe dan gula saja. Tapi selera sih, kalau saya lebih suka yang pakai bawang putih hehehe..

Nasi Bogana

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Nasi bogana sebenarnya bukan kuliner baru buat saya, karena saya sering sekali makan nasi ini di restoran-restoran Indonesia di Jakarta, seperti Remboelan atau Koko Bogana yang endeus banget. Nasi Bogana basically adalah nasi kuning dengan berbagai macam lauk, nah lauknya ini tergantung restorannya sih, ada yang banyak variasi ada juga yang sedikit. Yang ini saya makan di Pawon Bogana, yang berlokasi di dalem Keraton Kacirebonan dan hanya buka sehabis magrib saja. Ayamnya cukup enak, karena ini versi ayam serundeng tapi basah, hanya saja rasa nasi kuningnya terlalu datar.

Sate Sapi

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Sate sapi biasanya dihidangkan sebagai lauk nasi lengko atau dimakan sendiri dengan lontong, biasanya sapinya dimarinasi dengan kecap dulu jadi dimakan tanpa saus kacang sudah enak. Di setiap resto yang menjual Empal Gentong bisa dipastikan ada makanan ini. Harga bervariasi antara 25-30ribu.

Nasi Jamblang

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Nah ini dia yang membuat saya kepengen banget ke Cirebon, yaitu makan nasi Jamblang. Jamblang sendiri sebenarnya adalah nama sebuah desa, di desa ini dulunya banyak pekerja yang membawa sangu nasi biar nasinya awet terus dibungkus dengan daun jati. Nasi ini biasa dimakan dengan lauk pilihan yang buanyaaakk banget, sampe bingung mau ambil yang mana, maunya sih ambil semua πŸ˜€

Yang saya makan ini di Nasi Jamblang Bu Nur, Jl. Cangkring II No.34, Kejaksan, Cirebon. Saya pilih lauk otak goreng, pepes rajungan, perkedel (ini enak parah! nyesel cuma ambil satu) dan oseng ampas tauco (ini juga enak). Harganya mengikuti lauk yang kita ambil.

Es Duren

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Biasanya saya gak doyan-doyan amat ama duren, tapi duren di Cirebon ini rasanya beda lebih creamy apalagi kalau dibikin es gini. Satu kurang!

Mie Koclok Panjunan

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Tadinya sempet underestimate duluan sama makanan ini pas liat tempatnya yang kecil, tapi begitu dicoba langsung pengen teriak “shaeee makanan apa nih shaeee enak banget!!” Jadi mie koclok ini adalah mie plus toge yang dikoclok (direbus dengan alat kayak saringan dan dikoclok-koclok) disiram kuah putih kental dengan rasa yang sangat gurih, ditaburi cacahan ayam dan telur rebus. Yang ini saya makan di Mie Koclok Panjunan, Jl. Pekarungan No.104, Cirebon. Tips menikmati mie koclok dari saya: nggak usah ditambah sambal atau lada. Buat yang lemah sama makanan gurih, seriously satu porsi aja nggak cukup.

Sate Kalong

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Hah? Apa? Kalong? Paniki? Untungnya bukan, ini sate terbuat dari daging kerbau. Soalnya saya kapok makan paniki di Manado hahaha jadi agak sempet panik juga pas tau namanya sate kalong. Kenapa dinamakan kalong karena sate ini dijual pas malam hari sepertinya menyasar target anak muda basian club hahaha sotoy! Anyway, ini juga pertama kalinya saya makan daging kerbau, cuma yang ini gak terlalu paham rasanya soalnya dagingnya udah dibuat kayak dendeng gitu, rasanya manis. Saya lebih suka sate ototnya lebih gurih dan kenyil-kenyil. Uniknya sate ini dimakan dengan saus kacang yang dicampur dengan dage (oncom). Salahsatu penjualnya ada di sekitar Pasar Kanoman. Siapin aja uang 20-30ribu.

Sambal Asem

brambang asem

Makanan (yang hampir) langka ini dibeli teman saya di Pasar gak jauh dari hotel kami. Sekilas namanya mirip dengan Brambang Asem khas Solo, tapi jangan sedih ingredients dan sambalnya berbeda kok. Sambal asam berisi aneka sayuran rebus (kecipir, toge, bayam, kangkung, ketimun) yang dibanjur dengan sambal terasi. Sekilas rasanya mirip pelecing kangkung tapi dengan rasa terasi yang bold. Ini enak! Nagih!

Semanggen

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Ada lagi ini namanya Semanggen karena bahan baku utamanya adalah daun semanggi. Makanan ini bisa dibilang juga hampir punah, karena gak semua resto menjual menu ini, dan hanya didapatkan secara random dijual tenongan/bakulan. Untungnya saya berkesempatan nyicipin makanan ini, karena pihak penyelenggara #PesonaCirebon khusus mendatangkan langsung bakul semanggen ini, plus tim blogger juga bisa melihat cara pembuatannya. Semanggen ini sekilas mirip urap hanya saja parutan kelapanya tidak berbumbu kalau mau pedas tinggal tambahkan bubuk cabe, lebih sip dimakan dengan kerupuk melarat.

Serabi Ecol

serabi ecol

Makan serabi pakai kinca? Huh! so last year! Di Cirebon, tepatnya di daerah Gunung Jati ada yang namanya Serabi Ecol, yaitu serabi dengan topping kerang dan dimakan dengan sambal oncom yang pedes. Nyumm!

Jajanan Pasar

12923367_10153743175728863_8056453837057634550_n

Terakhir, ada jajanan pasar…..yang saya lupa namanya hiks! Ini sejenis tepung beras dengan gula putih (yg warna putih) dan gula merah (yg warna coklat) dengan taburan santan di atasnya. Bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional di sekitaran Cirebon.

Jadi gimana? Kepengen ke Cirebon? Yuk, gadisrakus juga pengen balik lagi!

Advertisements

6 thoughts on “Jajan-Jajan Lucu di Cirebon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s