Tjampur-Tjampur eps. Jogja

Selain Madam Tan Ristorante ini ada beberapa makanan lain yang saya cobain, satu diantaranya adalah makanan nostalgia sih sebenarnya. Check these out!

#1 Ayam Geprek Bu Rum

Ini makanan nostalgia banget jaman gadisrakus masih sekolah di Jogja, duluuu cuma punya satu warung tenda yang berlokasi di daerah Papringan, Sleman. Sekarang kayaknya udah punya 2 atau 3 cabang yang lokasinya masih di sekitaran Gejayan juga.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Konsep dari ayam geprek ini simpel aja sih, ayam goreng tepung ala Colonel Sanders yang digerus setulang-tulangnya di atas sambal bawang dengan jumlah cabe yang kita mau. Kalau mau lauk tambahan biasanya ada tahu, tempe dan telur yang bisa ikut digerus juga. Nasi dan sayur (biasanya sop) bisa diambil sendiri dan sesuka hati. Yang bikin terharu rasanya masih sama kayak 4 tahun lalu. Total kerusakan nasi, sayur, ayam geprek dengan 7 cabai, tahu goreng 2 biji dan es teh manis hanya 12 ribu saja!!! Nggak heran ayam geprek ini jadi idola anak-anak mahasiswa yang ngekos di Jogja.

#2 Lumpia Hotel Mutiara

Salahsatu jajanan legendaris yang saya cobain adalah lumpia depan Hotel Mutiara, Malioboro. Yang jual cuma gerobakan gitu, tapi beh! ngantrinya warbiyasaaakkk!! Harganya juga murah meriah, lumpia sayur 3k dan lumpia sayur ayam 3.5k.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Yang bikin spesial selain disajikan dengan acar timun dan cabe rawit, ada bawang putih halus juga diatas lumpia panas yang baru diangkat dari penggorengan! Isinya sedikit berbeda dengan lumpia semarang yang menggunakan rebung, lumpia jogja ini isinya bengkuang, wortel, kol dan suwiran ayam. Nyamleng! πŸ˜€

#3 Lesehan Terang Bulan

Kalau di Jakarta, Terang Bulan itu nama martabak kalau di Jogja ini adalah nama lesehan yang terkenal dengan burung dara gorengnya. Lesehan ini baru buka sekitar pukul 9, di depannya persis toko batik Terang Bulan.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Waktu saya dan teman-teman memesan burung dara goreng, ayam goreng dan bebek goreng. Ayam dan bebek gorengnya diungkep dengan bumbu kuning biasa, tapi burung daranya diungkep dengan bumbu bacem jadi ada semburat manisnya. All in all enak sih, tapi sebagai orang Jawa gadungan saya nggak cocok dengan sambalnya yang cenderung manis, saya prefer sambal dadak di Bebek Cak Koting yang pedas membara. Tapi buat referensi makan di seputaran Malioboro tempat ini oke kok.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Buat ngangetin badan boleh lah pesan wedang ronde di sampingnya, cuma 5k aja per-mangkok.

#4 Piggylicious

Gegara instagram Pak William Wongso juga nih saya jadi penasaran banget sama tempat yang berlokasi di Jl. Ahmad Zakir Kotabaru ini. Lokasinya agak membingungkan untunglah ada teman orang Jogja yang tau ancer-ancernya. Yang terkenal dari tempat ini sebenarnya Crispy Patta (sejenis pork knuckle) dan Pork Ribs-nya sih, tapi berhubung pas kemarin kesana dalam keadaan belum gajian #jujuramatanaknya jadi pesan yang murah-murah aja.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Ini pesanan teman saya Grilled Sausage with Fries 30k, standar sih sosis babi dengan fries dan cocolan saus bbq. Agak overpriced, rasa pun standar.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Kalau yang ini pesanan saya Babi Rica 30k yang disajiin dengan tumis daun singkong. Rasa bumbu rica-nya enak walau after taste ada rasa seperti andaliman tapi agak getir entah apa. Tapi enak kok. Lain kali kalo kesana mau pesan Crispy Patta-nya ajah πŸ˜€

Sekian Tjampur-Tjampur kali ini pemirsa, jumpa lagi di segmen selanjutnya. Caobellaaaa!!

Advertisements

7 thoughts on “Tjampur-Tjampur eps. Jogja

  1. kalo bilang jogja kuliner emang gag pernah habis ya..

    saya masih inget dengan oseng oseng mercon, dimana komposisi daging dan cabai 1 : 1 , 1kg cabe, 1 kg daging. entah sekarang masih atau tidak dengan harga cabe yang makin menggila…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s