Ganesha ek Sanskriti

Tau dong ya kalo gadisrakus lagi tergila-gila banget sama masakan India, ngg…sama orang India juga iya sih kalo dia seganteng Hrithik Roshan, rasanya pengen bawa pulang ke Indonesia terus ijk kawinin! Nah nah…kan saya jadi rajin juga tuh ya browsing restoran India mana sih yang enak banget di Jakarta, dan nemulah salahsatunya si Ganesha ini. Katanya pusatnya yang terletak di Wisma BRI sana malah selalu penuh sama ekspat India, berarti cukup otentik dong.

Dan ternyata, mereka juga punya cabang di Kemang dan karena yang terdekat lokasinya dari rumah gadisrakus datenglah suatu malam kesini. Lokasinya ada di Kemang Square (seberangnya Ranch Market) Lt.2, Jl. Kemang Raya, Jakarta Selatan.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Begitu masuk, wuaahh India banget dan keliatan berkelas, udah ngeri aja kan harganya mahal. Tapi ternyata…..nggak mahal *terharu* Di sini juga tersedia paket buffet 130k++/pax tapi khusus makan siang di weekend aja. Kalau mau yang lebih lengkap (ada menu dari India Selatan dan Utara) dan tersedia tiap hari silahkan dateng ke resto pusat mereka di Wisma BRI Lt.9, Sudirman.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Sebagai makanan utama, saya memesan Butter Naan 20k dan Murgh Tikka 97k. Murgh Tikka-nya ternyata semacam kari ayam tapi nggak pake santen, jadi untuk ngentalinnya pake krim dan bumbunya juga lebih soft cenderung manis. Saya sih kurang cocok sebenernya sama tipikal makanan yang agak manis, tapi overall enak sih. Butter naan-nya juga fluffy dan lembut, seporsi isi 3pcs dan bener-bener bikin kenyang (kalo saya! perut orang kan beda-beda :D)

gadsirakus.wordpress.com

gadsirakus.wordpress.com

Untuk minumnya saya memesan Sweet Lassi 25k, lassi-nya lebih enak daripada Royal Kitchen punya karena lebih kental dan nggak terlalu asam, malah cenderung milky kalo menurut saya.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Sebagai dessert saya memesan Gulab Jamun 36k yang bikin diabetes seketika, gimana enggak itu milk balls direndem aja gitu di sirup gula sampai bener-bener ngeresep manisnya. Warbiyasaaakk..baek-baek dikerubungin semut! :p

Ada cerita lucu sekaligus bikin surprised, jadi pas saya lagi sibuk foto-foto makanan mungkin karena heboh ya udah foto pake kamera, masih foto-foto pula pake iphone, saya didatengin sama Manager on Duty-nya. Ngobrol punya ngobrol pas dia tau saya food blogger terus dia ngasih saya compliment dan ngajak saya tour the kitchen. Ngeliat proses masak, sekaligus dijelasin mengenai seluk beluk makanan India.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Dan sebagai gongnya adalah waktu saya disuruh nyicipin complimentnya yang sebenernya lebih cocok buat appetizer, Papdicat. Katanya sih Papdicat ini asli India banget, karena di India sana ini makanan selalu ada di tiap kondangan atau pesta adat.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Papdicat ini semacam kulit sambosa yang digoreng kering, dicampur kentang dan berbagai macam chutney (chutney mint, tamarin sama apalagi yak satu lagi lupak saya). Rasanya asem-asem seger, buat yang nggak biasa makanan ini emang aneh banget rasanya. Saya aja perlu makan 4-5 suap biar bisa nyesuain. Makanan ini bisa didapet dengan harga 36k aja.

Jadi buat yang lagi di sekitaran Kemang, bingung pengen makan sesuatu yang nggak biasa, cusss kesini harga affordable banget dan otentik karena pas saya kemarin kesana banyak bule dan orang India yang dine-in. Ciao!

5 thoughts on “Ganesha ek Sanskriti

Leave a Reply

