Catatan Perjalanan Perth – Day 4

Hari Seninnya saya emang udah niat banget: pokoknya kudu pepotoan sama koala dan kangguru. Secara ya di Indonesia gak ada tu dua binatang. Walau saya tau untuk ngeliat kedua hewan itu plus pepotoan saya kudu pergi ke Cadversham Wildpark, sejenis Taman Safari gitu. Ada sih di Perth Zoo tapi gak bisa dipegang-pegang.

Berbekal hasil browsingan sebelum pergi ke Aussie, pertamanya saya naik kereta jurusan Midland, dari Perth ongkosnya sekitar AUD 9 (one way) turun di Stasiun Bassandean. Dari stasiun naik bis lagi no. 955 atau 956 minta turun di Whiteman Park, ongkosnya AUD2-AUD3 (one way). Nanti dari depan gerbang Whiteman Park biasanya ada shuttle. Kalau weekend shuttle-nya udah nongkrong di depan gerbang, tapi kalo weekdays kayak saya kemarin mesti interkom staffnya dulu. Bisa sih jalan kaki tapi jauh bok, kecuali situ emang lagi program ngurusin badan ya boleh sih..

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Btw, kemarin itu gegara salahpaham akhirnya saya jalan kaki aja dong dari depan gerbang ke dalem which is panjangnya 3 km. Untung gak sendiri, tapi sama kedua temen baru saya dari Singapura boleh nemu di dalem bis ๐Ÿ˜€ Gak usah dikata capek dan panasnya kek apa, apalagi Aussie lagi summer yang suhunya bisa 40 derajat. Dan lagi Whiteman Park itu jangan dibayangin kek taman bunga gitu, itu rupanya kek masih areal hutan gitu, kanan-kiri banyak semak-semak dan pohon-pohon plus kalo anda beruntung bisa tuh ye liat ada bison, uler, biawak atau kangguru bekeliaran.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Sampai di dalam saya langsung beli tiket, admission fee-nya AUD25. Sebenernya koleksi hewan mereka banyak ada beburungan (aneka burung maksutnya) dan hewan mamalia lainnya, tapi saya langsung aja nyambangin kandang walabi, koala dan kangguru. Oya disana kalo mau pepotoan sama koala-nya ada jam-jamnya, karna si koala itu kan kerjanya cuman makan-tidur-bengong-makan-tidur-bengong *enak banget yak* jadi kondisi yang โ€œpasโ€ buat foto bareng ya pas dia lagi bengong-bengong gak ada kerjaan gitu.ย  Nanti begitu masuk abis bayar tiket bakal dikasih pamflet isi jadwal poto bareng gitu.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Akhirnya kesampean juga yess eike pepotoan ama koala. ย Sayang gak bisa lama-lama karna si koalanya kudu bobo siang gitu. Itu pun saya gak bisa yg ngegendong banget, karena udah dijagain sama pawangnya.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Tadinya mo pepotoan juga bareng kangguru, tapi ternyata bau yak bok! Baunya mirip kambing dan kotorannya tersebar dimana-mana. Kalo kangguru ini kita bisa masuk ke kandangnya langsung dan berinteraksi sama mereka.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar lain yang sempet saya foto adalah walabi, sejenis kangguru juga tapi badannya lebih kecil. Kalo yg ini pas gak ada jadwal kunjungan ke kandang, jadi cuma bisa foto dari luar aja.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cadversham Wildpark ini selain โ€˜mengkoleksi โ€˜ hewa-hewan khas Australia seperti yang saya bilang diatas juga ada dingo (sejenis anjing hutan), angsa hitam, bush baby (sejenis sugar glider gitu), Tasmanian devil dan aneka burung. Tapi yang burung-burung saya gak ngeliatin satu-satu karna paling koleksinya sama aja kayak yg ada di Indonesia.

Pulangnya untungnya saya bisa nebeng dengan shuttle bus sampai gerbang depan, ternyata supirnya itu pernah ke Indonesia dan dia bilang orang-orang Indo suka manggil dia โ€œbule gilaโ€. Saya semobil dengan pasangan oma-opa asal Kanada, mereka bilang mereka udah 3 bulan ini mengadakan perjalanan ke Asia, dimulai dari Saigon, Singapura, Bali, Aussie dan terakhir mereka akan mengunjungi Bangkok dan balik ke negaranya. Seneng banget ya ngeliatnya, mudah-mudahan nanti saya juga bisa gitu, traveling terus sama suami walo udah oma-opa sekalipun :โ€> *sekarang cari calon suaminya aja dulu keleeuuss*

Karena saya belom makan, maka dari stasiun Perth saya tinggal nyeberang jalan aja ke Myerโ€™s, disana saya makan di resto Jepang Edo Shikki. Nanti saya tulis di post terpisah biar keliatan banyak *licik*

Abis makan (dan belanja) saya naik bis blue CAT ke Big Bell di daerah Barrack Jetty. Ini sih sebenernya cuman buat nggenepin itinerary aja sih, soalnya sebelum pergi teman saya Farid (travel mate saya dulu di Vietnam) yang beberapa bulan sebelumnya juga ke Perth bilang โ€œpokoknya lu kudu ke Big Bellโ€ Oke deh, paling engga saya ada fotonya. Kalo di London ada Big Ben, di Perth ada Big Bell. Konon katanya kalo masuk kedalem menaranya ini bisa denger lagu Indonesia Raya dikumandangkan. Tapi saya sih gak masuk, soalnya bayar AUD15 kalo gak salah. Untuk ukuran Perth yang gedungnya biasa aja, Big Bell ini lumayan futuristik.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dari situ saya bergerak menuju London Court. Selain bis blue CAT, untuk kesini juga bisa pakai yellow CAT dan red CAT tergantung naiknya dari mana. Karna si London Court ini emang strategis banget lokasinya, dari Perth Underground (stasiun kereta Perth) pun kalo demen jalan kaki bisa kok. London Court ini gak ada tulisan yg heboh gimana, cuman plang kecil di pinggir jalan. Letaknya sebelahan sama kantor pos dan gereja. Kalo mo lebih jelas ya mending tanya orang sekitar aja. Btw, London Court ini (lagi-lagi) merupakan shopping area yang terletak di dalam gedung berarsitektur Inggris kuno, Tudor apa ya kalo gak salah namanya. Tapi shopping area-nya juga yg gak gimana banget, karna dalemnya tuh cuman jual kek barang-barang kuno, souvernir sama ada coffee shop dan cafรฉ gitu. Barangnya juga lebih mahal daripada beli di Hay St. ato Murray St.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dan sebagai penutup hari saya duduk-duduk sambil minum ice mocha seharga AUD6 di taman deket State Library, sambil liatin orang lalu lalang.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Btw saking enaknya taman-taman disana, saya sempet mergokin ada bule yg tidur disono. Ngantuk cyinn??

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

Leave a Reply

