Catatan Perjalanan Perth – Day 2

Pagi-pagi saya udah bangun soalnya hari ini emang rencananya saya pengen nyobain naik bis gratisan, yaitu CAT shuttle ceritanya yaa sambil ngapalin jalan dan rute. Tadinya sambil ngapalin jalan saya juga mau piknik di King’s Park, tapi kelabilan saya akhirnya membuat saya terdampar di pusat perbelanjaan di Hay St. dan Murray St. Daaaann belom-belom saya udah beli oleh-oleh pajangan aja dong buat nyokap.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Di Perth sendiri selain bis gratisan juga ada bis berbayar. Rutenya bisa dibaca di papan yang ada disetiap halte-halte. Dan perlu diapalin juga karena no.bisnya tuh banyak banget. Kalo untuk bepergian di area CBD (Central Business District)nya Perth aja sih cukuplah naik bis CAT gratisan. Bis CAT ini dibedakan dengan jalur warna, ada biru, kuning, merah dan hijau. Saya udah nyobain semua kecuali yang hijau. Soalnya seinget saya gak ada tourism place yang bisa dicapai dengan bis itu, kecuali situ mau iseng-iseng aja sih gpp gratis ini. Selain bis, moda transportasi yang oke disini adalah kereta. Kereta biasanya buat menjangkau suburb area di luar Perth. Sebenernya pake bis yang ada no.nya bisa juga sih asal apal dimana haltenya dan nomor berapanya aja. Kalau gak salah si kereta ini mengakomodir 5 atau 6 suburb area, yang udah pernah saya cobain yang tujuan Fremantle, Midland, Jondaloop dan Mandurah.

Biar gampang mending kalo lebih dari 3 hari disini beli SmartRider card. Nih bentuknya kek gini:

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu ini modelnya kek EzLink di Singapura atau Octopus di HK, jadi gak usah bolak-balik beli tiket. Lagian kartu ini juga praktis, selain bisa buat bis  dan kereta juga bisa buat ferry. Harga kartunya sendiri AUD10, tinggal kitanya aja mau nambahin kredit berapa. Kemarin sih saya nambahin kredit AUD40 aja awet bisa 3 hari gak top up.

Asal tau aja sistim beli tiket pake mesin disini ribet gak kayak di Singapura. Asal apal berapa zone yang mau kita tuju sih gpp, tapi buat yg labil kayak saya – tadinya mau pergi kemana trus jadinya belok kemana – ya mending beli SmartRider aja.  Disini semua bis baik di Perth-nya maupun di suburb dikelola oleh Transperth, jadi jangan sedih jangan galau si kartu ini bisa digunakan dimana saja. Top upnya juga cukup ke stasiun terdekat, kalo gak beli di information centernya cari aja toko-toko model Circle K gitu, biasanya mereka punya mesin buat load creditnya.

Jadi hari kedua itu saya nyoba bis blue CAT dari depan Western Australia Museum yang mana adalah letaknya cuman seselemparan kolor dari hostel saya. Bis blue CAT ini biasanya ngiterin daerah Northbrigde sampai ke Barrack Jetty yang ada menara Big Bell-nya. Kalo bis red CAT biasanya ngiterin daerah perkantoran disana, gak hapal saya nama-nama jalannya.

Terus saya sotoy turun di halte Perth Underground, yang mana kalo saya susurin lane-nya itu bakal berujung di sebuah mall namanya Myer’s. Btw mall disono jangan dibayangin kek disini ya, disana itu pusat perbelanjaannya yang kondang bernama Hay St. dan Murray St. aja mirip dengan pasar baru, iyess tengah2nya itu jalanan bebas mobil dimana kanan-kirinya toko, butik dan café. Trus disana juga ada bangku-bangku tamannya buat duduk dan instalasi-instalasi seni yang dipajang di ruang publik.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Disini juga suka ada kek acara ngamen-ngamen gitu, biasanya buat penggalangan dana apa gitu. Kalopun musisi amatiran yg ngamen, disini mah gak kek di Indo yang modal kecrekan gak jelas, disana bisa bawa akordeon, biola sampe gitar listrik!

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

Pas di Myer’s itu saya sempet minum milkshake sambil duduk-duduk cantik di Borelli. Harganya sih yah lumayan mahal buat segelas milkshake doang yaitu AUD7.5 sampe kalian liat betapa gedenya itu gelas, saya aja ampe kembung. Milkshake-nya enak, tapi si waitress bulenya itu keknya salah bikinin order deh, saya minta yg caramel tapi kenapa rasanya vanilla. Tapi karena enak saya maafin deh *anaknya pemaaf*.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disitu sampe sore terus saya balik ke hostel. Sampe hostel mandi blablabla terus keluar lagi. Niatnya sih tadinyaa cuma mau nyari cemilan aja di minimarket terdekat, yah emang dasar saya gak kuat iman sih ya ngeliat coklat Cadbury dengan rasa unik-unik yang keknya belom masuk ke Indo langsung deh borooonggg..sampe saya ditegor kasir minimarketnya “seems like you will have a party or something?” pas ngeliat belanjaan coklat eikee, trus pas saya bilang “uhm no, it’s for my friends in Indonesia” dia cuman ngangguk-ngangguk bingung aja kek ayam tetelo. Total belanjaan saya malem itu AUD38 dong! Coklat doang!

Dari situ saya gak sengaja nemu resto Indonesia, namanya “Resto TASIK” yang berlokasi di Aberdeen St. Deket banget sama halte bis blue CAT. Buat orang Indo yang lagi disini dan cari makanan halal, tempat ini udah paling bener. Untuk ukuran masakan di negeri rantau, saya bilang sih cukup mamam-able soalnya gak fair sih kalo mo bandingin sama yang ada di Indo. Taste-nya ada walo gak wow. Cukup lah buat tombo kangen buat orang Indo yang lagi di rantau. Harga makanannya kisaran AUD3-AUD 40. Cukup komplit menunya dari mulai gado-gado, pecel, sop buntut, soto, sate sampe sambal balado juga ada.

Disana saya makan sop buntut AUD10 dan nasi AUD3, minumnya dikasih se-pitcher air mineral dingin. Sop buntutnya enaaakk, buntutnya 3 biji gede-gede, rasanya kuah kaldunya maknyoosss. Sayang sambelnya kurang nendang. Porsi nasinya apalagi, dijamin kenyang tujuh turunan tujuh tanjakan dah *lebayatun*

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selesai makan saya gak langsung pulang dan lebih milih kongkow di depan State Library. Di depan ST itu ada semacam open air amphitheater gitu, kerennya yg ditayangin film-film jadul. Trus duduknya lesehan dibawah dan jangan sedih disediain bantal-bantal sofa empuk buat bobo-bobo an. Dideket amphitheater gitu, ada food truck Ben&Jerry’s dan kedai kopi, jadi bisa sambil ngemil2 es krim dan ngopi lucu tuh ye. Sederhana, but it stole my heart away for the very first time J

Leave a Reply

