Bubur Gudeg

Besokan paginya saya diajak Lindya sarapan yang khas Jogja biyanget, yaitu bubur gudeg. Orang Jogja itu punya kebiasaan sarapan pagi dengan bubur nasi dengan topping gudeg, walopun ada juga sih yg makannya pake nasi. Tapi itu kan sudah biasa, saya kan sukanya yang luar biasa😀

Nah, kemarin itu saya ditawarin sama Lindya mau sarapan apa, karena dari dulu saya penapsaran banget pengen nyobain bubur gudeg maka diajaklah saya. Yang jualan beginian biasanya pagi2 mulai jam 6 – 8, di pinggir jalan, cuma pakai tenggok/bakul atau dengan lapak seadanya. Hampir disetiap sudut bisa ditemuin kok. Kemarin kebetulan Lindya ngajak ditempat langganannya di Jl. Kaliurang km 5, karena tempat langganannya yang di Mrican gak jualan.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sederhana banget kan lapaknya, tapi pagi itu selain kami berdua, ada sejumlah orang yang lagi ngantri makan bubur gudeg di lapak si mbaknya ini. Enaknya dagingnya bisa milih mau disuwir atau utuh, kreceknya mau basah atau kering, kalo mau pedes biasanya dikasih cabe rawit ceplus.

gadisrakus.wordpress.com

gadisrakus.wordpress.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ini pesenan saya, bubur gudeg pakai ayam suwir, tahu bacem, dan krecek basah yang disajiin pincukan (pake alas daun pisang). Sedangkan Lindya lebih milih nasi gudeg. Sebenernya agak dilema mesen sayur krecek ini, basah ternyata minyaknya banyak banget, kering tapi kreceknya kecil2. Ternyata kenyang juga lho makan beginian. Untuk total harga saya gak tau, karena saya ditraktir sama Lindya yang baik hati dan tidak sombong😀

Kalau kalian pengen nyicipin makanan yang khas, bubur gudeg ini bisa jadi pilihan😀

2 thoughts on “Bubur Gudeg

    • krecek itu kulit sapi (kalo di bali biasanya dibuat dari kulit babi juga) yang udah diilangin bulunya, dipotong tipis2 trus dijemur dan digoreng. rasanya kayak kerupuk. kalo buat lauk pendamping gudeg, biasanya krecek ini disayur pake cabe giling dan tahu/tempe.

      setau saya sih semua penjual gudeg pasti jualan sambel goreng krecek ini mbak🙂

Leave a Reply

