Catatan Perjalanan – Day 7 (Malaysia)

Besok paginya jam 6 loket udah buka, saya beli tiket ekonomi ke Penang seharga RM 34, berangkat jam 8.20 dan sampai Penang sekitar jam 4 sore. Keretanya biar ekonomi tapi enak, tempat duduknya setara dengan kereta eksekutif kalo disini, ber-AC, ada tv-nya, dan bersih banget. Kebetulan waktu itu segerbong gak terlalu penuh jadi sama petugas yg bolong2in tiket saya boleh pindah-pindah tempat duduk hihihihi 😛

gadisrakus.wordpress.com

Stasiun Buttersworth, pemberhentian terakhir menuju Penang ternyata kecil dan gak banget, keknya masih cakepan stasiun Tegal. Dari situ saya harus jalan dulu keluar stasiun, dan jalan kurleb 500an meter buat nyampe di pelabuhan. Dari situ saya naik kapal ferry, murah kok RM 5 kalo gak salah, dan sebentar banget sekitar 15 menitan gitu udah sampe.

Sampe di pelabuhan saya naik bis CAT Shuttle menuju Jalan Kapitan Keling. Katanya sih disitu pusat backpacker. Oihya, kalo kalian berkunjung ke Penang, kalo ogah rugi disana disediain bis gratis. Cari aja yang tulisannya CAT Shuttle. Sebenernya sih kalo mau naik bis biasa gak mahal juga sih ongkosnya, paling jauh cuman sekitar RM 4.

Sebenernya saya juga gak yakin daerah Kapitan Keling itu sebelah mana, pas bis lewat depan halte St. George Church, gak sengaja mata saya ngeliat ada tulisan Kapitan Keling Mosque – mana supir bisnya diem aje lagi, padahal sebelom naik saya udah pesen saya mau turun di Kapitan Keling – yaudah saya spekulasi aja turun disitu. Terus saya ikutin petunjuk arahnya, nanya sama bapak-bapak India yang lagi marker motor, dia bilang Jalan Kapitan Keling ya yang sekarang saya lewatin ini. Di sepanjang jalan itu banyak backpacker hostel, tadinya saya mau di Red-Inn karna baca blog perjalanannya seorang travel writer tapi penuh, yaudah saya ke hostel sebelahnya, Budget Hostel. Yang punya orang India, yg super ramah. Harganya RM 80, katanya harga peak season. Yaudah karena saya udah capek banget pluuuussss kaki bengkak saya ambil aja deh tuh huhuhuu…untung cuman semalem .

gadisrakus.wordpress.com

Kamarnya not bad sih untuk ukuran budget hostel, yang jelas twin bed, ada AC, kamar mandi dalem dengan air panas. Bersih sih cuman gak sebersih hostel saya di Hongkong hiks…

Abis mandi saya keluar cari cemilan sambil liat-liat keadaan sekitar. Ternyata sepelemparan kancut dari hostel saya adalah Little India! Dan kalo sore menjelang malem udah rame aja dengan aneka pedagang makanan, trus orang jual bunga-bunga buat ibadah, terus sempet motret2 juga kuil2 Hindu disekitar situ, abis itu ke Mesjid Kapitan Keling dan nyicipin Nasi Kandar khas Penang. Trus masuk ke gang yg namanya lucuk banget “ Love Lane” keknya si Love Lane ini Poppies-nya Penang. Karena sepertinya bule lebih banyak berkumpul disitu ketimbang di Little India.

Jam 7 kaki saya udah gak bisa ditolerir, saya mampir ke 7-11 dan menemukan SALONPAS sodara-sodara! Saya beli aja 2 bungkus. Abis itu saya balik ke hostel, tambal kaki pake koyo dan tidur.