Catanan Perjalanan – Day 10 (Malaysia)

Pagi-pagi jam 5 subuh udah bangun, gegara temen-temen saya yang 3 orang itu juga udah pada bangun. Abis ke kamar mandi, lap-lap muka pake tisu basah, makan pagi di MarryBrown (sejenis fastfood) saya langsung ngantri di imigrasi. Yap hari ini adalah hari terakhir saya berkelana.

Yang jelas 10 hari berkelana, ke-3 negara benar-benar berkesan buat saya. Pertama, pertama kalinya saya ngerayain Natal di luar negeri pas winter (walopun gak bersalju). Kedua, saya banyak ketemu orang-orang baik yang gak disangka-sangka dalam perjalanan saya. Ketiga, saya udah khatam nih jadi backpacker sejati karena akhirnya saya ngerasain juga yang namanya tidur di bandara, di terminal, di dormitory hostel, kemana-mana naik bis dengan ngegendong backpack segeda anak jin bunting berasa kek bule. Keempat, akhirnya saya berhasil mematahkan anggapan orang bahwa traveling itu mahal. Pokoknya banyaaaaakkk banget pengalaman berkesan yang mungkin gak akan pernah saya dapetin kalo saya gak nekat pergi backpacking sendiri.

Jadi, destinasi selanjutnya kemana? πŸ˜€

Leave a Reply

