Kuliner Vietnam

Holaaa…maaf saya baru bisa memenuhi janji buat mengupas tentang kuliner Vietnam sekarang, soalnya kemaren2 saya sibuk banget di kantor, ditambah karena kecapekan jadi sakit juga.

Oke kita mulai aja, seperti yang udah saya tulis di Catatan Perjalanan VietnamΒ dan seperti yang udah2 kalo saya jalan ke suatu tempat gak lengkap rasanya kalo gak nyicipin kuliner asli daerah situ. Saya orangnya emang prefer makan makanan daerah setempat – walopun rasanya aneh – tapi yg penting saya tau dan pernah nyicipin makan tsb dari daerah asalnya. Saya bukan tipe orang yg kalo jalan ke suatu tempat, balik2 makannya di resto fastfood..yaelah klo gitu ngapain juga saya jalan jauh2 ya ga cuy?? πŸ˜€

Oiya, mau share dikit tentang makanan di Vietnam, as we know ya boo, masyarakat Vietnam mayoritas beragama Budha dan Kristen, jadi emang buat temen2 yg muslim harus agak hati2. Kalo gak salah resto halal di Ho Chi Minh dikit banget, salahsatu yg saya tau itu namanya Halal@Saigon yg punya orang Malaysia. Cuman saya gak kesana, lah wong saya pagar makan taneman pemakan segala hehehe..Saking susahnya cari barang halal disini, temen saya yg muslim,Β Farid sampe gak bisa makan apa2, dia disana cuman minum dan makan buah2an aja. Dan sepertinya orang2 Vietnam itu penggemar berat babi, semua makanan pasti side dishnya babi; bihun, pho, nasi, crepes sampai roti.

Disana saya nyobain makanan khas sana yg paling terkenal, yaitu Pho. Sebenernya ada resto Pho yg direkomendasiin sama temen saya yg orang Vietnam kalo gak salah Pho 2000, konon katanya Presiden Bill Clinton dan anaknya, Chelsea Clinton kesemsem banget makan ditempat ini. Tapi kalo bagi saya semua Pho yg ada di Ho Chi Minh itu enak, gurihnya berasa banget (mungkin karna ada b2nya). Kalo warung Pho favorit saya sih jelas yg ada di pojokkan Pham Ngu Lao street, tempatnya gak terlalu besar tapi selalu penuh sesak sama turis2 bule. Pho disini kita bisa milih dagingnya, mau sapi atau babi. Dagingnya juga bisa minta yg setengah mateng atau well-done. Porsinya pas, gak terlalu banyak atau sedikit. Dan setiap pesanan Pho kita, pasti dikasih kondimen setumpuk sayuran hijau mentah (yg rasanya aneh), sepiring kecil toge mentah, jeruk nipis dan cabe rawit merah yg dipotong kecil2. Harganya antara 3-5 dollar, tergantung isinya mau apaan.

Pho Bo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Makanan tradisional Vietnam lain yg sempet saya cicipin namanya Banh Xeo, bentuknya mirip crepes tapi kalo dari rasa2nya mirip kayak peyek udang yg suka direstoran Padang, jadi lidah saya ngira2 sendiri kalo bahan dari kulit crepesnya itu sejenis tepung beras yg dikasih santen dan kunyit. Isinya toge yg dicampur bisa pilih pork atau seafood, terus dilipat jadi setengah lingkaran gitu. Lagi2 tetep yee orang Vietnam tu doyan banget sama lalapan, untuk kondimennya kita dikasih sayuran hijau mentah (yg sama kayak pas makan Pho). Jadi untuk makan Banh Xeo ini ada caranya sendiri, crepesnya dicuil, ambil selembar daun2an itu, masukin didalemnya digulung terus makannya dicocol ke sambel yg rasanya mirip sambel bangkok. Itu enaaakkk bangeeeetttt!! Harga perporsinya kurleb 20.000-25.000VND/sekitar USD1. Banh Xeo ini biasanya banyak dijual di pasar2 tradisional.

Banh Xeo

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Makanan yg ini juga khas Vietnam, kalo di Indonesia khususnya di Jakarta bisa di dapetin di resto2 Vietnam tapi gak semua sih, yang saya tau ada di Cali Deli di FX atau Jl. Surabaya, namanya Banh Mith alias sandwich Vietnam. Berhubung Vietnam lama banget dijajah Perancis, jadi gak heran dari mulai arsitektur bangunan2 disana sampe kulinernya pun dapet pengaruh kuat dari Perancis. Salahsatunya sandwich Vietnam yg biasa pake roti baguette/roti Prancis yg gede dan keras itu loh. Dan disana tuh yg jual sandwich Vietnam gak hanya di resto2/cafe2 aja, tapi di kaki lima setiap 100m. Kebayang gak, kalo disana gak pernah kelaperan, karena mereka jualan seharian penuh. Sandwich vietnam ini biasanya isinya udah default; ada daun seladanya, semacam coleslaw, daging babi yg diiris tipis, semacam sosis babi, daging cincang, bawang bombay dan daun ketumbar. Biasanya satu biji harganya gak sampe USD2. Dan itu bisa dishare berdua saking gedenya.

sandwich Vietnam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Makanan terakhir yang saya cicipin adalah grilled pork. Biasanya grilled pork disajiin dengan nasi dan kondimennya cuman berupa kuah kaldu yg ada sawinya sama saus encer yg rasanya mirip sambel bangkok. Grilled pork ini rasanya mirip banget sama empal, gurih2 manis gitu. Dan mengenyangkan πŸ˜€ Harga seporsinya kalo gak salah sekitar USD3-4.

grilled pork

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebenernya ada beberapa makanan khas sana yg pengen saya cobain kayak Bun Dau Phu, Nom (semacam asinan), Bun Tit Nuong (bihun pedas dengan babi panggang), Xoi Trung dll tapi kata temen saya yg orang Vietnam agak susah cari makanan2 itu, karna mereka kebanyakan hanya jual di pasar tradisional. Walopun kemaren saya sempet diajak blusukan sama temen saya yg orang Vietnam itu ke pasar Ben Tanh dan pasar di District 4, tapi tetep aja gak cukup waktunya buat berburu makanan2 itu.

Tapi saya sempet beli dan nyobain Duren made in Vietnam, rasanya enak, dagingnya tebel dan manis. Satu duren utuh cuman seharga 40.000VND/2USD. Sama satu buah, saya lupa namanya, katanya sih cuman ada di Vietnam doang. Bentuk dan rasanya kayak kedongdong tapi warnanya lebih kuning, rasanya lebih manis dan teksturnya agak lebih lembek. Enak banget, makannya dicocol pake cabe garem. Kalo yg itu saya gak tau harganya berapa, soalnya itu disuguhin di rumah temen saya yg orang Vietnam itu waktu berkunjung kerumahnya πŸ™‚

Jangan lupa, kalo kalian berkunjung kesini gak lengkap kalau gak nyicipin kopi Vietnam yg terkenal. Di Ho Chi Minh sendiri ada beberapa coffee shop yg terkenal, salahsatunya Highlands Coffee yg tersebar disetiap sudut kota. Kopinya mantep, dijamin melek tujuh hari tujuh malem πŸ˜€ *lebay*

higlands coffee

Advertisements

One thought on “Kuliner Vietnam

  1. Pingback: Catatan Perjalanan Vietnam | Gadisrakus's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s