Kuliner Bogor (lagi ;p)

Libur lebaran seminggu yang lalu, cukup ngebuat saya mati gaya pemirsa. Maka dari itu akhirnya saya mutusin buat menghabiskan waktu libur saya dengan jalan2 plus wisata kuliner ke Bogor. Sempet dua hari berturut2 kesana, niat yaa ciiiinnn….?? yang pertama sendiri, yang kedua sama kedua temen saya, Ira dan Matius.

Waktu saya sendirian kesana, kuliner yang saya jajal masih diseputaran Jl. Suryakencana dan daerah Pangrango. Googling sana-sini, ternyata waktu kemaren ke Bogor saya gak sempet nyicipin soto kuning dan bir kocok khas Bogor. Dan waktu ke daerah Pangrango, saya nyicipin Roemah Cupcakes, es goyobod di pelataran MP (Macaroni Panggang),Pia Apple Pie dan Dekoffie-pot.

Kedatangan saya yg kedua sama temen2 saya, saya nyicipin Roemah Cupcakes (lagi), Lasagna Gulung (masih satu manajemen sama Macaroni Panggang), Pia Apple Pie (lagi) dan Klappertaart Huize.

Here are the recaps:

Roemah Cupcakes. Kedatengan saya yg pertama kesini sempet nyicipin cupcakes andelan mereka; Triple Chocolate dan Blueberry Cheese (@Rp.12.000). Triple chocolate-nya lumayan enak, didalem cupcakesnya ada lelehan coklatnya gitu, tapi blueberry cheesecakenya biasa bangeett even di dalem cupcakesnya ada selai blueberrynya dan rasa icingnya agak2 asem2 gitu. Kedatengan saya yg kedua, saya cuma pesen Kentang Lapis dengan saus bechamel (Rp.15.000) karna niatnya cuman nemenin temen2 saya, Ira dan Matius yg penasaran dengan tempat ini. Waktu itu Ira pesen blackforest cupcakes (Rp.12.000) dan Matius pesen soto ayamnya (Rp.30.000) yg menurut kami endeeuuss..uniknya diatas nasinya gitu (soto ama nasi dipisah) dikasih serundeng dan kacang bogor.Kentang lapisnya sendiri lumayan enak, jadi dalemannya kek ragout yg dikasih potongan smoked beef terus atasnya dikasih kentang yg udah dibumbuin trus dilapis2 trus dipanggang.

Soto Kuning khas Bogor Pak Yusuf. Menurut google dan menurut orang2 disekitar Jl. Suryakencana yg saya tanyain Soto kuning pak Yusuf ini yg paling endeeuuss…walopun tempatnya cuma dikaki lima tapi ciiinn yang dateng banyak beuuutt! Seporsi soto yg berisi kikil, paru, daging, otak dan limpa yang bisa dipilih sendiri ini berharga Rp.21.000 (plus nasi) dan bakal dapet free teh tawar anget. Enak kaaannn…sotonya sendiri dibuat agak hambar, dgn rasa santen yg gak terlalu mahteh, mungkin maksutnya biar orang2 bisa ngeramu2 sendiri kali yaa rasanya mau kek apa..

Bir kocok. Tenaaangg minuman khas Bogor ini gak bikin tipsy apalagi sampe bikin joged2 diatas meja bar. Bir kocok yg ada di jl.suryakencana ini satu2nya yg ada di Bogor, saking tersohornya biarpun cuma jualan di gerobak pinggir jalan tetep banyak yg beli. Harga pergelasnya cuma Rp.3.000! Rasanya..mirip2 kek wedang uwuh/wedang secang yaa semacam yg berempah2 gt deehh, tapi enak kok, diminum pake es batu segeerrr!!

Pia Apple Pie. Kedai yg jual apple pie ini lumayan kesohor banget, terutama buat orang2 Jakarta yg sering main kemari. Bisa dine-in atau take-away, dan suasana kedainya tu homey banget. Gak cuman jualan apple pie aja tapi juga jual pie2 lain, macam blueberry pie, chicken pie, korma pie, bahkan ada black-pie (yg didalem vla-nya dikasi campuran kahlua, cognac atau liquor lainnya). Saya sempet nyicipin yg blueberry pie (Rp.39.000 – small) dan black-russian pie with kahlua (Rp.81.000 – medium). Blueberry pienya biasa aja, apalagi black-russian pie-nya kahluanya gak kerasa, malah cuman kek dikasi rum gitu doang 😦

Lasagna Gulung. Tempat ini ternyata masih satu manajemen sama Macaroni Panggang, restonya aja belakang2an sama MP. Walo gak sebesar MP, tapi kita juga bisa dine-in. Berhubung pas kemaren kami kesana pas Lebaran, dan Lasagna Gulung hanya melayani take-away aja, jadi kita ga makan disitu. Kami sempet nyicipin Beef Lasagna Gulung (Rp.73.000), lasagnanya enaakk isi dalemnya ada bayemnya, telornya, daging cincang sama keju. Endeeeuuusss..!!

Oia pas kedatengan saya yg pertama, saya sempet nyobain Es Goyobod, es campurnya orang Sunda di pelataran parkir MP. Abis udah capek muter2 dan pengen minum yg seger2, jadilah saya mesen seporsi es goyobod (Rp.15.000) yg isinya jelly, cincau, kelapa muda, nangka, alpukat trus dikasi es serut dan sirup merah dan susu coklat diatasnya. Standar abis sih secara sama aja kek es campur pada umumnya (_ _”)

Klappertaart Huize. Kedai klappertaart ini terletak di Jl. Pangrango which is sebelahan sama Pie Apple Pie. Kita bisa dine-in atau take-away, kalo mau dine-in disitu juga ada berbagai macam menu a la carte kek nasi goreng, mi goreng, mi jawa, chicken wings, macaroni schotel dll. Klappertaartnya sendiri ada 3 pilihan size dgn harga berkisar Rp.7.500 – Rp.14.000 dan rasanya ada yg original, raisin dll. Saya dan Ira nyicipin yg klappertaart raisin (Rp.10.000). Oiya kita punya pengalaman buruk lho disini sama waitressnya, jd kita mau pesen yg harga Rp.10.000 eh sama dia diambilin yg Rp.14.000 udah gitu gak ngomong lagi, buntut2nya pas mau bayar bill eh dia karna takut ketauan dia gak mau gitu ngasihin billnya ke kita. Daaann…bisa ditebak, habislah dia sama temen saya Ira yg sangar kek macan tutul πŸ˜€

Dekoffie-pot. Ini konsepnya kek coffee-shop tapi satu area sama distro gitu. Dulu waktu awal2 saya ke Bogor sempet lewatin depannya doang, trus ngebayangin keknya asik ngopi2 disitu karna ada dine area-nya yg outdoor dan dibuat lesehan tp dgn gaya minimalis gitu. Trus pas saya kemaren kesana lagi, ceritanya sambil nunggu sore saya mau killing time disitu, pesenlah Caramel Macchiato (Rp.43.000) disebuah cangkir yg imut2 dan menurut saya gak worth kuantitas dengan harganya. Secara ya boookk, kalo minum di Starbucks aja dengan harga segitu saya bisa dapet Macchiato ukuran tall/grande (_ _”)

Berikut adalah penampakkan makanan2 yg udah saya cicipin:

es goyobod

klappertaart

kentang lapis dengan saus bechamel

caramel macchiato

blueberry pie

black-russian pie with kahlua

bir kocok

blueberry cheesecake

beef lasagna gulung

Leave a Reply

