Colonial Cuisine

Info resto ini juga saya dapet dari twitternya @kulinerjogja, trus berhubung saya tuh orangnya gak bisa dibuat penasaran jadilah saya dateng ke resto ini sendirian pemirsa! Kebetulan udah lama banget pengen bisa nyicipin masakan India, cuma belom berani yg terlalu gimana2 banget, karna pada dasarnya saya ga suka makan makanan yg bumbunya terlalu mahteh, dan waktu tinggal di Jogja juga kebetulan refrensi resto India saya yaa cuma ini.

Gak seperti namanya yg berbau2 kolonial, resto ini jauh sekali pemirsa dari masakan yg berbau kolonial, saya juga gak ngerti kenapa nama restonya bukan “Nehi-Nehi Resto” atau “Kuch Kuch Hota Hai Resto”. Ah sutralah…

Kembali ke leeepp…toooppp…!

Resto ini terletak di Jl. Timoho (no.nya lupa) berseberangan dengan gedung APMD Timoho, kalau kamu2 ada di Jogja, bisa juga naik TransJogja yg lewat Timoho dari haltenya, jalan ke sebelah kanan kurleb 50 meter. Resto ini parkirannya luas banget, jadi kalo mau bawa truk gandeng mobil ya monggoo :))

Interior resto ini yaa biasa aja sih, gak ada kesan2 India2nya palingan yg bikin kerasa India disana diputerin lagu2 India gitu aja. Pas kesana kebetulan saya sendirian, saya gak nyangka ternyata disini porsi makanannya bisa buat 2-3 orang!

Waktu itu saya pesen: Chicken Biryani (37.5K) briyani ditempat ini bener2 pake beras basmati, itu tuh beras India yg bulirnya panjang2 dan kalo dimasak teksturnya agak2 pera’ , untuk isian briyani-nya bisa pilih kambing atau ayam, yg bikin saya seneng bumbunya gak terlalu nyegrak. Nasi briyani ini dihidangkan bersama yoghurt dan acar (jahe?) yang rasanya seger banget, mungkin buat netralin rasa bumbu2nya ya. Untuk minumnya saya pesen, Indian Lassi (17.5K), lassi minuman khas India minuman yoghurt yg biasanya diblend sama buah2an, enaakk seger abiiiss. Lalu..lalu…untuk hidangan penutupnya saya pesen Suji Halwa (20.5K), which is semacam puding yg terbuat dari tepung semolina dan topped with almond. Tapi saya agak2 nyesel dengan pilihannya dessertnya, karna ga bikin fresh mulut malah bikin tambah enek. Karna pudingnya ga seperti puding yg ada di dalam bayangan sayaa, pudingnya kayak bubur!

Ternyata selain Colonial Cuisine di Jogja juga ada resto India lain, namanya Taj Mahal tapi saya belum coba makan disana, karna menurut beberapa orang, seperti namanya Taj Mahal…makanannya juga mahal bo!

chicken biryani

suji halwa

4 thoughts on “Colonial Cuisine

Leave a Reply

