Gudeg Bu Tjitro 1925

Orang Jogja mana yang gak kenal sama Gudeg Bu Tjitro yg udah jadi legenda di dunia pergudegan ini, dan saya pun gak mau ketinggalan untuk nyicipin dahsyatnya gudeg yg pakemnya gak terlalu manis ini. Bahkan kalo ibu atau saudara saya sedang kemari, saya pasti ngajak beliau2 untuk makan disini. Cabang Gudeg Bu Tjitro sendiri ada banyak, dan salahsatunya yg paling sering saya kunjungin yaitu yg berlokasi di Jl. Janti no.330, Jogja (seberangnya JEC).

Tempatnya cukup eksklusif, dan seringkali saya liat ada rombongan bis turis2 yg mampir makan disini. Dining areanya ada 2 pilihan, mau yg lesehan atau duduk di kursi. Dan pemesanan menunya bisa buffet atau a la carte. Selain bisa dine-in, gudeg Bu Tjitro ini juga bisa dipesan untuk take-away, biasanya sih gudegnya dimasukin kedalam candil (gerabah yg bentuknya kayak panci), maka dari itu Gudeg Bu Tjitro sendiri juga dikenal sebagai pelopor gudeg candil.

Menu yang ditawarin mostly memang makanan Jawa, tapi dengan rasa yg udah disesuain sama lidah umum, alias gak terlalu manis. Selain gudeg disini juga tersedia ayam bakar/goreng kremes, ayam betutu, ayam taliwang, gurame bakar/goreng, sop buntut, sop penyon (semacam sop rollade), dll.

Saya sendiri baru nyicipin nasi gudeg komplitnya yg terdiri dari nasi, gudeg, sambel krecek, buntil, telur dan ayam opor; sama ayam goreng kremesnya. Semuanya nyamleng tenan, yg paling saya suka sih buntilnya. Oiya kalo kita makan disini rame2, biasanya dikasih complement berupa snack tradisional yg bernama megleng, kata mba2 waitressnya sih megleng itu semacam ketela yg diserut tipis2 (kayak kripik singkongnya orang Padang) terus digoreng. Sebenernya sih enak2 aja, cuman teksturnya yg terlalu keras ngebuat saya gak bisa makan megleng, karena kawat gigi saya pasti lepas2 kalo makan yg keras2.

Overall, untuk harga sih yah lumayan agak mehong alias mahal kalo dibandingin sama gudeg2 lain. Dan pasti saya akan selalu balik kesini, karena saya selalu gak kebagian pesen ayam taliwangnya, dan itu selalu menjadi target saya!πŸ˜€

4 thoughts on “Gudeg Bu Tjitro 1925

  1. Biasanya kalo yg rame turis pasti mahal ya kaya Gudeg Yu Jum, walau tempatnya seperti sederhana. Saya cari yg di pinggir jalan, malem2, bukan harga turis dimana ya? jadi kangen Yogya…

    • sekarang sih di Jogja lagi happening Gudeg Sagan, lokasinya di Jl.Prof.Yohanes Sagan, kalo dari arah Lembah UGM (MM UGM) kearah perempatan Mall Galeria, tempatnya di kanan jalan. Harganya masih gudegawi kok ketimbang Yu Jum ato tempat2 turis lainnya.
      Ato bisa juga coba namanya Gudeg Kayu, soalnya disitu ada pabrik kayu, lokasinya seberangnya Saphir Square (Jl. Adi Sucipto) deket Circle K, tapi bukanya cuma magrib sampe malam. Atau mau coba gudeg gak tau namanya, dia buka di Jl.Geyajan (dekat Univ. Sanata Dharma) mulai jam 9 malem keatas, dipelataran parkir gitu jadi lesehan…tapi aku lupa tempat pasnya dimana. selamat mencoba :))

Leave a Reply

