Silla Korean House

Akhirnya hari ini saya sempet juga njajal resto Korea rekomendasi seekor seorang temen yang menurut kabar burung harga makanannya bisa bikin kita sampe jual rumah…hehehe gak deng lebay. Dan saya penasaran dengan makanan (yang katanya) mahal itu, maklum saya kalo gak buang2 duit rasanya gak lega *suombong* ;p

Begitu masuk kedalem resto yang terletak di Jl. Ring Road Utara, Jogja ini saya langsung disambit disambut mba2nya yg pake seragam agak2 mirip komodo kimono, trus ditanya mau makan di luar (meja-kursi biasa) atau private room (lesehan). Karena kebetulan pas kesana resto agak sepi – hanya ada beberapa orang yg makan, saya pilih private room. Di dalem private room itu kita duduk lesehan di bantal2 yg udah disediain, ruangannya muat sampe 6 orang, plus ada AC pribadi. Trus mba2 pelayannya langsung kasih saya 2 buku menu, yg 1 khusus sushi. Oiya, walopun judulnya Korean resto tapi disini juga tersedia menu Jepang dan China.

Setelah sedikit mengalami kebimbangan *halah* akhirnya saya mesen 1 jenis makanan dari setiap kategori. Karena saya emang niat banget pengen review ini resto. Dari kategori Jepang saya pesen salmon sushi yg mirip nigiri sushi-nya Sushi Tei (Rp. 25.000), dari kategori China saya pesen dimsum: hakau dan udang rambutan (@ Rp.10.000), dan dari kategori Korea saya pesen Bulgogi lokal (Rp. 48.000), minumnya Ocha dingin satu teko (Rp. 12.000).

Sambil menunggu orderan saya dateng, mbak2nya ngasih compliment berupa kimchi (sejenis asinan sawi putih yg dicampur cabe dan difermentasi ala Korea) dan salad sayuran, plus handuk basah. Pemberian handuk basah ini memang hal yg wajar bila kita berkunjung ke resto2 Korea. Kimchinya enak krenyes2 pedes, sambil nunggu saya gadoin sampe ludes. Gak lama pesenan pertama saya dateng which is salmon sushi, seporsi isinya 4 biji yg dihidangin lengkap bersama complimentnya: wasabi dan asinan jahe. Diatas salmon mentahnya dikasih mayonaise. Komentar saya, salmon sushinya not bad hanya saja ikannya kurang fresh alias kurang kenyel. Trus pesenan kedua dateng, hakau dan udang rambutan. Hakaunya seporsi isi 4 biji, rasanya enak udangnya manis, walopun masih kalah jauh bila dibandingin sama hakaunya Hongkong Cafe atau Din Tai Fung. Udang rambutannya bukan udang dicampur rambutan, tapi bola2 udang yg dikasih bihun trus digoreng sampe kering, enak sih krenyes2 tapi kalo udah dingin jadi keras. Lalu pesenan ketiga dateng which is Bulgogi mentah yg ditaburin irisan daun bawang, bawang bombay dan wortel serta marinate sauce, beserta lalapan dan sambelnya serta kompor gas dan pan buat ngebakarnya. Untuk menu bakar2an ini, kita bisa pilih mau dimasakin sama chefnya (kalo kita ga mau rambut sama badan bau asep kayak saya) atau mau masak sendiri. Saya pilih bakar sendiri karena pengen ngerasain sensasinya, walopun dengan resiko badan dan rambut bau asep, padahal exhaust di ruangan udah dinyalain lho (-_-“). Secara keseluruhan bulgoginya enak, saya makan dagingnya diwrap pake daun selada, timun dan sambelnya. Hmm…yummy🙂

Range menu yang ditawarin resto ini cukup luas, dan satu porsi lumayan banyak jadi memungkinkan banget buat kita share makanan sama temen2. Dari segi harga, yaa mungkin buat ukuran Jogja emang mehong alias mahal, tapi kalo diliat dari standar Jakarta atau Bali yah standarlah. Saya pernah makan di The Grill (resto Korea di MidPlaza Jakarta) dengan harga yg jauh lebih mahal daripada ini. Untuk menu sushinya sendiri harga mulai dari Rp.25.000 keatas. Untuk masakan Korea, Jepang dan Chinanya sendiri mulai dari Rp.10.000 keatas. Semuanya ditambah ppn 10%. Disini juga nyediain bir, sake dan shoju (sake-nya orang Korea).

So guys, if you wanna try authentic Korean cuisine, it’s worth to try. Best value for money🙂

One thought on “Silla Korean House

  1. Pingback: Musiro | Gadisrakus's Blog

Leave a Reply

